Sintax atau Kode CSS

Sintax atau Kode CSS ~ Penulisan kode CSS terdiri dari 3 bagian yaitu; 
  1. Selector atau Tag HTML yang akan kita desain dengan CSS. Tag HTML tersebut bisa H(Heading), P(Paragraf), Body, List dan tag-tag HTML yang lain. 
  2. Properti. Properti adalah elemen-elemen dari suatu tag HTML yang akan kita desain, misalnya untuk tag P(Paragraf) elemen-elemennya antara lain;font, color dan lain sebagainya. 
  3. Value atau Nilai adalah nilai yang kita berikan untuk untuk elemen-elemen dari suatu tag HTML. 
Contohnya untuk tag P; Fontnya bisa kita beri nilai trebuchet, verdana atau arial. Untuk colornya bisa kita berikan nilai red, green atau blue. 
Penulisannya adalah; {font-family:trebuchet;color:red;}

Format penulisan lengkapnya seperti di bawah ini;
Selector { Properti1: Value; Properti2:value; . . .;} 

Contoh;

H2{ font-family:pristina;color:blue}

Keterangan;
  1. H2 adalah selector atau tag HTML yang akan didesain. 
  2. {} adalah bagian deklarasi yang berisikan properti dan nilai. 
  3. Font dan color adalah properti tag P yang akan diberi nilai. 
  4. Pristina dan blue adalah nilai yang diberikan kepada masing-masing properti font dan color. 
Untuk menerapkan contoh di atas coba ketikan kode di bawah ini dengan editor HTML yang anda punya seperti notepad atau dreamweaver simpan di folder yang anda inginkan dengan nama "Contoh Pertama.html " dan jangan lupa jika anda menggunakan notepad, bagian save as type yang di bawah nama file ganti ke all files.

Contoh Aplikasi;

<html>
<head>
<title>Contoh Pertama</title>
<style>
H2{ font-family:pristina;color:blue}
</style>
</head>
<body>

<H2> Mari belajar CSS</H2>

</body>
</html>

Kemudian buka file di atas yang sudah diberi nama Contoh Pertama.html dengan browser yang tersedia di komputer anda. Di bawah ini adalah tampilan yang akan muncul di browser anda;


Catatan;
  1. Untuk penulisan properti dan value atau nilai tidak boleh ada spasi, yang artinya antara properti dan value hanya dibatasi oleh titik dua(:). 
  2. Penulisan nama properti bersifat case sensitif dan harus menggunakan huruf kecil. 
  3. Jika value atau nilai lebih dari dua suku kata, maka value atau nilai tersebut harus diapit oleh tanda petik(“”). Contoh; P{font-family:”sans serif”}. 
  4. Gunakan tanda titik koma (;) untuk membatasi properti yang satu dengan properti yang lain. Contoh; p{text-align:center;color:red}. 
  5. Gunakan tanda koma jika selector lebih dari satu tetapi memiliki properti dan nilai yang sama. Contoh; h1,h2,h3,h4,h5,h6{color: green}. 
Demikian posting Sintax atau Kode CSS sampai disini, untuk teman-teman blogger atau browser yang ingin menambahkan atau mungkin ingin memberikan komentarnya silahkan.....mari belajar CSS ini bersama, dan untuk posting selanjutnya akan membahas mengenai Penggunaan Kode CSS Dalam Tag-tag HTML


Regards and thanks for visit.......
Previous
Next Post »
Thanks for your comment